Belajar Mandiri melalui Pemberdayaan Kambing Ternak Kelompok Dusun Pekunden Desa Merden

Merden-Perkembangan masyarakat kelompok dampingan PKH (Program Keluarga Harapan) Kabupaten banjarnegara memasuki tahun kedua. Di tahun kedua ini beberapa pendamping sudah memulai kegiatan pengembangan dengan beberapa Kelompok Usaha Bersama. Salah satunya adalah memalui usaha ternak kambing yang dilaksanakan di Dusun Pekunden Desa Merden Kecamatan Purwanegara. (Mingu, 01/11) .

Pemberdayaan PKH desa Merden Banjarnegara

Gambar. Kambing ternak kelompok Dusun Pekunden Desa Merden

Kelompok dampingan yang beranggotakan 24 orang ibu-ibu ini, melalui ternak kambing dengan modal dari iuran anggota setiap Pertemuan Kelompok tiap bulannya. Dalam pertemuan tersebut, selain mengadakan musyawarah dan arisan, mereka juga menyisihkan sebagian uang untuk kas yang sejak awal ditujukan untuk pengembangan usaha kelompok.


Gambar. Kandang Kambing ternak kelompok Dusun Pekunden Desa Merden

Menurut ibu Tumiyati (42) yang juga merupakan Ketua dari kelompok Pekunden mengatakan " Setiap anggota wajib membayar kas lima ribu rupiah setiap bulannya untuk kas kelompok. Perkiraan setelah kurang lebih satu tahun, uang tersebut dapat dibelanjakan kambing untuk diternak".

Beliau juga menambahkan " Belajar dari sedikit, kalau ditekuni pasti akan menghasilkan. Dan nanti manfaatnya dapat dirasakan bersama oleh kelompok"

Kambing pertama yang berhasil mereka beli dengan iuran ini dirawat oleh Bapak Mardan (34) suami dari salah satu anggota kelompok PKH Pekunden yang bertempat di dukuh Penisihan. Menurut beliau, dengan adanya program PKH ini sangat membantu. Selain memberi bantuan tunai, program ini juga intens mendampingi anggota peserta untuk diberdayakan. Sehingga anggota belajar mandiri dan terbuka untuk bisa mengembangkan potensinya. "Saya berterimakasih sekali sudah diberi kepercayaan merawat kambing milik kelompok. Saya sangat senang karena PKH sangat membantu masyarakat. Mendampingi dan memotivasi anggotanya untuk terus bisa mengembangkan usaha meskipun dengan modal yang seadanya". Paparnya sembari memamerkan kandang baru yang berada di depan halaman rumah beliau. (01/11)

-Maulida Helmi Isnaini-

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Belajar Mandiri melalui Pemberdayaan Kambing Ternak Kelompok Dusun Pekunden Desa Merden"

Posting Komentar