Semangat Usaha Bertumbuh Dampingan PKH Desa Merden

Semangat para perempuan tangguh dampingan PKH dusun Rawawungu Desa Merden terus bertumbuh untuk melebarkan sayap usaha kelompoknya. Hal tersebut terlihat dari begitu kompaknya mereka dalam melaksanakan kerja bakti pembuatan kandang mentok di pekarangan kandang rumah salah satu anggota kelompok tersebut. (Merden, 03/2016)

Ide penumbuhan usaha kelompok ini lahir dari beberapa masukkan anggota kelompok yang digawangi oleh Neni Soimah (30). "Anggota kelompok kami terdiri dari 28 orang, sehingga kurang efektif rasanya ketika hanya ada satu kegiatan rintisan usaha kelompok yang terbilang masih kecil. Jadi muncullah ide penumbuhan usaha lain". Terang Neni Soimah di sela-sela diskusi dalam pertemuan kelompok rutin.






Neni Soimah juga menambahkan  " Setelah kami merintis usaha budidaya jamur tiram kurang lebih empat bulan dan hasilnya sangat lumayan, kami terfikirkan untuk dapat mengembangkan usaha di bidang lain agar lebih fariatif yaitu ternak mentok". Jelasnya.

Ternak mentok dianggap memiliki peluang yang cukup besar untuk dikembangkan menjadi usaha kelompok karena permintaan pasar yang luas dan perawatanya juga tidak terlalu sulit.

Lokasi usaha dibagi menjadi dua tempat, budidaya jamur tiram di pekarangan rumah Neni Soimah, sedangkan untuk ternak mentok ditempatkan di pekarangan rumah salah satu anggota kelompok.

Marmi (26) Selaku penanggung jawab ternak mentok kelompok dusun Rawawungu bersedia pekarangannya untuk dijadikan sebagai lahan ternak milik kelompok. Dia menyampaikan  "kegiatan PKH itu menyenangkan, selain menambah rezeki kami, juga menambah banyak sekali pengalaman baru untuk orang-orang desa yang awam informasi. Sehingga ketika pekaranagan saya ketempatan menjadi salah satu lahan usaha kelompok, justru saya sangat bersyukur. Karena ini dapat menjadi pembelajaran saya, juga dapat dikatakan menjadi bentuk ucapan terimakasih saya untuk PKH yang sudah memberikan kesempatan bergabung di keluarga besar PKH Banjarnegara". (Merden,14/03/2016)


-Maulida Helmi Isnaini-

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Semangat Usaha Bertumbuh Dampingan PKH Desa Merden"

Posting Komentar